Resep Siomay ikan tengiri ala rumahan Anti Gagal

Sedang mencari ide Resep Siomay ikan tengiri ala rumahan , Enak yang unik?.

Resep Siomay ikan tengiri ala rumahan yang Enak Banget memang waktu ini sedang banyak dicari oleh masyarakat disekitar kita mungkin salah satunya kamu.

Orang-orang memang sudah terbiasa menggunakan internet di ponsel untuk mendapatkan informasi gambar untuk dijadikan inspirasi. Nah kali ini saya akan berbagi panduan cara memasak Cara Gampang Menyiapkan Siomay ikan tengiri ala rumahan yang Bisa Manjain Lidah.

Untuk membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal Siomay ikan tengiri ala rumahan yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari Siomay ikan tengiri ala rumahan, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya.

Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan Siomay ikan tengiri ala rumahan enak di mana pun Sobat berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Resep Siomay ikan tengiri ala rumahan Bisa Manjain Lidah

Siomay ikan tengiri ala rumahan - resep kuliner nusantara
Next merupakan gambar seputar Siomay ikan tengiri ala rumahan yang dapat kamu jadikan ide.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Siomay ikan tengiri ala rumahan sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga.

Kalian bisa membuat Siomay ikan tengiri ala rumahan menggunakan 33 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya. Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Siomay ikan tengiri ala rumahan diperkirakan sekitar 1jam 30menit.

Siomay rumahan ini empuk banget loh bund…ngga kalah sama yg dijajakan di pinggir jalan…
Ngga percaya,,,coba deh…pasti bikin nagih..🤭✌

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Siomay ikan tengiri ala rumahan:

  1. 300 gr daging ikan tengiri(buang kulit dan durinya)
  2. 150 gr udang kupas
  3. 50 gr lemak ayam (bisa pake kulitnya)
  4. 100 gr tepung tapioka/sagu
  5. 100 gr labu siam parut dan kemudian di peras
  6. 2 sdm kecap ikan
  7. 1 sdm saus tiram
  8. 1 butir putih telor(ukuran besar)
  9. 1 batang daun bawang iris tipis
  10. 1 siung bawang merah iris tipis
  11. 4 sdm minyak untuk menumis bawang
  12. 1 sdm gula pasir
  13. 1 sdt kaldu bubuk (sesuai selera,bisa di tambah penyedap rasa)
  14. Bumbu halus untuk adonan siomay
  15. 3 siung bawang putih uk besar
  16. 2 siung bawang merah
  17. 1 sdt mrica
  18. Bumbu saos kacang
  19. 1 genggam kacang tanah
  20. 1 genggam cabe merah keriting
  21. 3 siung bawang putih
  22. 2 siung bawang merah
  23. 1 ruas kencur
  24. 3 lembar daun jeruk(boleh di skip kalo tidak suka)
  25. 2 sdm gula pasir
  26. 1 batang gula jawa di serut
  27. secukupnya Air
  28. Minyak untuk menggoreng
  29. Pelengkap
  30. 5 lembar kol buang tulangnya kukus
  31. 4 buah tahu potong diagonal kerok dalamnya
  32. 10 lembar kulit pangsit
  33. Boleh ditambah pare telor atau kentang

Cara untuk menyiapkan Siomay ikan tengiri ala rumahan

  1. Giling masing”ikan tengiri, lemak ayam,,dan udang,,
    Boleh secara terpisah atau skalian
    Kalo saya ikan tengiri saya giling secara terpisah kemudian beri gama dan gula agar berserat..
    Setelah semuanya sudah halus, masukan labu siam,bumbu yang dihaluskan,kaldu bubuk,putih telor,kecap ikan,saus tiram dan daun bawang+bawang merah yg sudah ditumis(masukan beserta minyaknya)aduk rata.Siomay ikan tengiri ala rumahan - resep kuliner nusantaraSiomay ikan tengiri ala rumahan - resep kuliner nusantara
  2. Setelah rata tambahkan tepung tapioka dan sedikit air es aduk rata hingga mendapatkan tekstur sesuai yang di inginkan…kemudian bentuk sesuai selera…Siomay ikan tengiri ala rumahan - resep kuliner nusantaraSiomay ikan tengiri ala rumahan - resep kuliner nusantaraSiomay ikan tengiri ala rumahan - resep kuliner nusantara
  3. Panaskan panci kukukan…jangan lupa saranganya diberi olesan minyak agar tidak lengket…tata di atas kemudian kukus sebentar kurleb 15 smp 20 menit..Siomay ikan tengiri ala rumahan - resep kuliner nusantara
  4. Untuk membuat sambal kacang nya kita goreng dulu kacang tanah hingga matang kemudian masuka cabe merah dan bawang di goreng sebentar..tiriskan…kemudian dihaluskan (saya di blender)tambahkan kencur daun jeruk dan gula jawa..setelah halus…panaskan minyak..dan masak sambal kacang hingga matang,,tambahkan gula pasir dan garam..kalau suka bisa ditambah penyedap rasa…setelah dirasa pas…angkat.Siomay ikan tengiri ala rumahan - resep kuliner nusantaraSiomay ikan tengiri ala rumahan - resep kuliner nusantara
  5. Sajikan siomay beserta sambal kacang nya selagi hangat…bisa ditambah perasan jeruk limau saus dan kecap sesuai selera ya…Siomay ikan tengiri ala rumahan - resep kuliner nusantaraSiomay ikan tengiri ala rumahan - resep kuliner nusantara
  6. Selamat mencoba dan semoga berkenan🤗🙏

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, cara menyajikan Siomay ikan tengiri ala rumahan yang mudah di atas dapat membantu teman-teman menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun.

Mungkin saja bisa menjadi ide untuk berjualan makanan. Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan Siomay ikan tengiri ala rumahan yang bisa teman-teman lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Summary
recipe image
Recipe Name
Resep Siomay ikan tengiri ala rumahan Anti Gagal
Author Name
Published On
Preparation Time
Cook Time
Total Time