Bolu Kukus Tiga Lapis

Sedang mencari inspirasi ResepBolu Kukus Tiga Lapisyang Lezat yang unik?.

Resep Bolu Kukus Tiga Lapis, Enak memang waktu ini sedang banyak dicari oleh sebagian orang disekitar kita mungkin salah satunya Anda.

Masyarakat memang sudah terbiasa menggunakan internet di gadget untuk melihat informasi gambar untuk dijadikan contoh. Dan kali ini saya akan membagikan panduan cara menyiapkan Bagaimana Membuat Bolu Kukus Tiga Lapis yang Lezat Sekali.

Untuk membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bolu Kukus Tiga Lapis yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari Bolu Kukus Tiga Lapis, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan Bolu Kukus Tiga Lapis enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Bolu Kukus Tiga Lapis - resep kuliner nusantara

Seterusnya adalah gambar mengenai Bolu Kukus Tiga Lapis yang bisa sobat jadikan ide.

Bolu kukus lagi? Emang sih sudah biasa dan cookpaders banyak yang pinter2 😀

Tetapi kali ini saya lebih ke bikin catatan dan share pengalaman ke-sekian yang ternyata lumayan berhasil supaya bolu tidak bergelombang baik di permukaan maupun di bagian lapisannya ketika menuang adonan. Sebelum2nya, sedih juga lihat bolu yang rasanya udah enak tapi tengah2nya ada bolong2 dan bentuknya macam ombak di lautan.. wkwk.. Seneng deh kali ini permukaannya muluuuuuuus kayak pantat bayi 😀

Jadi tipsnya adalah:
– Sebisa mungkin gunakan loyang bujur sangkar (sama sisi), bukan persegi panjang, agar hasil sebaran uap air kukusan merata.
– Setelah memasukkan bahan terakhir (misalnya margarin/minyak), jangan terlalu lama aduk dengan spatula, tapi tetap pastikan bahan tercampur rata.
– Setelah menuang lapisan pertama, hentak2kan loyang untuk memastikan adonan tidak berongga, kemudian ratakan dengan spatula/sendok.
– Ketika akan menuang lapisan ke-2 dan berikutnya, kecilkan dulu api, dengan loyang tetap di kukusan, tuang segera dan ratakan permukaan, lalu besarkan api kembali.
– Terakhir, sambil menuang lapisan adonan, ajak bicara baik2 ke loyangnya: please please rata ya, yang cakep yah.. gitu.. *canda 😛

Kalau resepnya? Gampaaang 🙃 Selamat mencoba!

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Bolu Kukus Tiga Lapis:

  1. Bahan A – mixer
  2. 170 gr gula pasir
  3. 3 butir telur
  4. 1 sdt SP
  5. Bahan B – ayak, campur jadi satu
  6. 150 gr tepung terigu pro-sedang (saya: Segitiga Biru)
  7. 1 sdt baking powder
  8. Bahan C
  9. 65 ml santan kental (saya: instant 65 gr), atau 100ml susu cair
  10. 100 ml minyak (boleh diganti 100 gr lelehan margarin)
  11. Bahan D – sesuai selera
  12. 2.5 sdm coklat bubuk
  13. Secukupnya pasta mocca
  14. Note: silahkan kalau mau diganti rasa/warna lain

Cara untuk membuat Bolu Kukus Tiga Lapis

  1. Siapkan semua bahan.
    Panaskan kukusan dengan air yang cukup banyak, ikat tutup dengan serbet.Bolu Kukus Tiga Lapis - resep kuliner nusantaraBolu Kukus Tiga Lapis - resep kuliner nusantara
  2. Mixer Bahan A dengan kecepatan tinggi sampai mengembang, kental berjejak.Bolu Kukus Tiga Lapis - resep kuliner nusantaraBolu Kukus Tiga Lapis - resep kuliner nusantara
  3. Setelah kental berjejak, turunkan mixer ke speed paling rendah, sambil tuang Bahan B. Mixer sebentar agar merata.
    – Matikan mixer, tuang santan (atau susu) dan minyak sayur (atau lelehan margarin), aduk dengan spatula (metode aduk balik), pastikan tercampur rata.
    – Bagi adonan menjadi tiga bagian. Yang satu bagian biarkan putih, bagian ke-2 beri bubuk coklat, bagian ke-3 beri pasta mocca.
    (Maaf ya lupa photo yang lengkap, maklum ribet ngerjain sendiri wkwk)Bolu Kukus Tiga Lapis - resep kuliner nusantaraBolu Kukus Tiga Lapis - resep kuliner nusantara
  4. Tuang adonan pertama ke loyang yg audah dioles maegarin, hentak2an dan ratakan dengan spatula. Letakkan di kukusan yang sudah beruap panas, kukus dengan api sedang cenderung besar selama 10 menit.
    – Setelah 10 menit, kecilkan api, tuang lapisan berikutnya, ratakan permukaan. Pastikan sudah matang dulu.
    – 10 menit beirkutnya, kecilkan api lagi, tuang bagian terakhir, dan kukus selama 20 menit atau sampai matang.
    – Bisa lihat tips yang saya tulis pada catatan di bawah photo resep.Bolu Kukus Tiga Lapis - resep kuliner nusantara

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Bolu Kukus Tiga Lapis yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!