Bolu kukus/panggang pandan

Anda sedang mencari inspirasi ResepBolu kukus/panggang pandanAnti Gagal yang unik?.

Cara Gampang Menyiapkan Bolu kukus/panggang pandan, Bikin Ngiler memang saat ini sedang banyak dicari oleh teman-teman disekitar kita mungkin salah satunya kalian.

Para ibu-ibu muda memang telah terbiasa menggunakan internet di HP untuk mencari informasi gambar untuk dijadikan contoh. Dan kali ini saya akan sharing tutorial cara menyiapkan Resep Bolu kukus/panggang pandan yang Menggugah Selera.

Untuk membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bolu kukus/panggang pandan yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bolu kukus/panggang pandan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan Bolu kukus/panggang pandan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Bolu kukus/panggang pandan - resep kuliner nusantara
Next adalah gambar berkaitan dengan Bolu kukus/panggang pandan yang bisa kamu jadikan contoh.

Aku menggunakan loyang sekat ukuran 24×24

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Bolu kukus/panggang pandan:

  1. 90 gr tepung pro sedang (aku pake segitiga biru)
  2. 10 gr maizena
  3. 12 gr susu bubuk (aku pake dancow)
  4. 1 sdt emusifier (aku pake tbm)
  5. 100 gr gula pasir
  6. 50 gr margarin lelehkan
  7. 3 butir telur utuh
  8. 2 kuning telur
  9. 1 bks santan instan (65ml)
  10. 1 sdt pasta pandan
  11. Vanila essence seikhlasnya

Langkah-langkah membuat Bolu kukus/panggang pandan

  1. Masukkan 3 butir telur, 2 kuning telur, vanila essence seikhlasnya, gula pasir, dan tbm. Mixer hingga berwarna putih kental dan berjejak. (Cirinya menimbulkan jejak mixer di adonan dan jejaknya tidak tenggelam (mixer 7-10 menit tergantung masing2 mixer menggunakan speed maksimal)
  2. Ayak tepung terigu, maizena, dan susu bubuk. Masukkan ke dlm adonan mixer tadi. Mixer kembali menggunakan speed paling rendah. 30 detik aja atau smpai adonan tercampur rata.
  3. Matikan mixer. Kemudian aduk adonan menggunakan teknik aduk balik. Pastikan tidak ada tepung yg mengendap di bawah karena bisa bikin bantet.
  4. Tuang santan, margarin cair, dan pasta pandan. Aduk kembali sampai rata. Jangan sampai overmix ya. Pastikan adonan sampai tercampur rata dan tidak ada endapan di bawah.
  5. Setelah itu tuang ke dalam loyang yg sudah dilapisi margarin dan kertas roti. Hentak2an adonan agar udara dalam adonan keluar.
  6. Sebelum dipanggang atau dikukus, panaskan kukusan/oven terlebih dahulu selama 10 menit. Panggang/kukus selama 25 menit. Setelah 25 menit tes tusuk untuk memastikan kue udah mteng. Kalo tidak ada adonan yg nempel di tusukan tandanya udah mateng. *untuk oven suhu 170 derajat api atas bawah panggang selama 25 menit atau sampai adonan mateng
  7. Setelah dingin hias dan beri toping sesuai selera. Selamat mencoba.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat Bolu kukus/panggang pandan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Summary
recipe image
Recipe Name
Bolu kukus/panggang pandan
Author Name
Published On
Preparation Time
Cook Time
Total Time