Bahan Membuat Risol Bihun Kulit Lumpia Homemade yang Lezat

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Risol Bihun Kulit Lumpia Homemade, Enak memang saat ini sedang banyak dicari oleh sebagian orang disekitar kita mungkin salah satunya kamu.

Para netizen memang sudah terbiasa mamnfaatkan internet di smartphone untuk melihat informasi gambar untuk dijadikan contoh. nah kali ini saya akan membagikan panduan cara menyajikan Langkah Mudah untuk Menyiapkan Risol Bihun Kulit Lumpia Homemade yang Menggugah Selera.

Untuk membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal Risol Bihun Kulit Lumpia Homemade yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Risol Bihun Kulit Lumpia Homemade, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan Risol Bihun Kulit Lumpia Homemade enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Risol Bihun Kulit Lumpia Homemade - resep kuliner nusantara
Seterusnya adalah gambar berkaitan dengan Risol Bihun Kulit Lumpia Homemade yang dapat Anda jadikan ide.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Risol Bihun Kulit Lumpia Homemade adalah 25 pcs. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Resep kulit lumpia ini saya copas dr @umidandun1324.

Awalnya pengen protes dg resep kulit lumpia ini karna pake minyak jd susah nempel di teflonnya gak kayak resep2 yg lain yg pake telur. Olesnya enak n bikinnya jg lbh gampang.

Resep ini tanpa telur n hasilnya beneran renyah bgt setelah digoreng n td trial taro sampe 3 jam-an, masih renyah gak alot.

Utk bikin kulit lumpia resep ini menurutku tingkat kesulitannya medium. Haha.. karna sblm2nya bikin kulit lumpia asal oles di teflon aja. Pasti hasilnya bagus n gak bakalan robek2. Klo ini beda. Tricky bgt jd musti bener step nya. Gak bs asal oles2 gtu aja. Haha..

Untuk isian bebas aja ya. Karna aku n kluarga sukanya isian bihun, jd bikin yg bihun aja.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Risol Bihun Kulit Lumpia Homemade:

  1. Bahan Isian:
  2. 2 buah wortel (me: parut karna malas potong)
  3. 3 keping bihun beras (rendam dg biasa, tiriskan lalu gunting2)
  4. 1/2 sdt garam (sesuai selera)
  5. 1/2 sdt penyedap (me: ro*co)
  6. 2 siung bawang putih kating (cincang)
  7. Bahan Kulit Lumpia:
  8. 150 gr tepung protein sedang (me: ∆)
  9. 30 gr tepung tapioka
  10. 1/4 sdt garam
  11. 350-375 ml air matang (me: kurleb 360 ml)
  12. 1 sdm minyak sayur

Langkah-langkah untuk membuat Risol Bihun Kulit Lumpia Homemade

  1. Masak bahan isian dahulu:Tumis bawang putih sampai harum, masukan wortel yg sudah diparut. Masak sampai agak layu.
    Masukan bihun, garam & penyedap. Aduk rata. Test rasa. Sisihkan.
  2. Siapkan bahan kulit lumpia:Masukan bahan kering (tepung terigu, tepung tapioka & garam) aduk rata.
    Masukan air sedikit demi sedikit. Aduk sampai tdk bergerindil.

    Tips nya dr sumber:
    Jika masih bergerindil tdk usah disaring, diamkan saja 5 menitan, lalu diaduk2, nanti akan larut sendiri.
    Tips ini udh aku coba dan benar. Jd gak repot nyuci saringan. Haha..

    Trakhir masukan minyak sayur. Aduk2 sampai rata.

  3. Buat kulit lumpia:Panaskan teflon dg api kecil. Tunggu sampai agak panas.

    Dr sumbernya diinformasikan utk oles teflon dg minyak tipis2 disaat pertama kali panggang kulitnya.
    Me: skip langkah ini karna di bahan udh ada kandungan minyak. Semestinya tdk akan menempel lg apalagi panggangnya pakai teflon.

  4. Jd setelah teflon siap, langsung kuaskan adonan kulit lumpia.
    Disini agak tricky.
    Oles dl saja sampai semua teflon tertutup adonan. Gak usah kuatir bolongnya dl. Setelah itu oles kembali supaya tdk ada lg celah dr posisi kita mengoles pertama kali. Klo mau lbh tebal, bisa diulang lg.
    Jgn pas adonan masih basah dan jgn jg pas adonan udh terlalu kering. Karna bs sobek.
    Jgn jg dioles bolak balik. Olesnya searah saja.
    Tunggu sampai pinggirannya ngelupas. Tarik pelan2. Sisihkan.
  5. Aku sambil bikin kulit, sambil isi bihun. Jd gtu satu matang, kuasin lg di teflon. Sembari tunggu kulit kedua matang, aku bungkusin dg bihun. Gtu seterusnya sampai adonan kulit abis. Jadi sekitar 25 pcs risol.
    Jd gak ada foto khusus kulitnya aja ya..Risol Bihun Kulit Lumpia Homemade - resep kuliner nusantara
  6. Aku bikin risol utk stok. Taro di freezer.
    Beberapa aku goreng utk test kulit lumpia nya. Hasilnya renyah bgt n gak alot. Ditaro 3 jam-an atau lbh setelah goreng jg gak alot n masih renyah (walau gak serenyah pas abis goreng).Oiya, kulit lumpia ini agak menyerap minyak. Jd abis goreng, tiriskan tunggu minyaknya kluar smua ya. Atau lapisin dg tissue mkn aja spy minyaknya berkurang.

    Selamat mencoba..Risol Bihun Kulit Lumpia Homemade - resep kuliner nusantara

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan Risol Bihun Kulit Lumpia Homemade yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Summary
recipe image
Recipe Name
Bahan Membuat Risol Bihun Kulit Lumpia Homemade yang Lezat
Author Name
Published On
Preparation Time
Cook Time
Total Time