Bahan Memasak Ayam Bakar Klaten & Sambal yang Enak

Resep Ayam Bakar Klaten & Sambal, Enak memang saat ini sedang banyak dicari oleh pengguna disekitar kita mungkin salah satunya kamu.

Para netizen memang telah terbiasa mamnfaatkan internet di HP untuk mencari informasi gambar untuk dijadikan wawasan. Dipostingan Kali ini saya akan berbagi langkah-langkah cara menyiapkan Resep Ayam Bakar Klaten & Sambal yang Bikin Ngiler.

Untuk menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal Ayam Bakar Klaten & Sambal yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ayam Bakar Klaten & Sambal, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan Ayam Bakar Klaten & Sambal enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Ayam Bakar Klaten & Sambal - resep kuliner nusantara

Seterusnya merupakan gambar tentang Ayam Bakar Klaten & Sambal yang bisa Anda jadikan inspirasi.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Ayam Bakar Klaten & Sambal adalah 8 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah Ayam Bakar Klaten & Sambal yang siap dikreasikan..

Anda bisa menyiapkan Ayam Bakar Klaten & Sambal menggunakan 33 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya. Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Ayam Bakar Klaten & Sambal diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Ada yang setiap mau makan sibuk bilang “ibu adek pengen ayam bakar sih”..🤭. Akhirnya baru bisa keturutan. Ekspresinya pas makan senang sekali. Suka banget sama menunya. Hihihi

Nggak cuma ayam bakar kalasan atau ayam bakar wong solo. Hahahha.
Setiap silaturahim ke klaten pasti sering nemu menu ini di warung makan pinggir jalan. Namun jujur aku sendiri belum pernah merasakannya, hahahah.
Karena setiap ke klaten itu always “turah-turah makanan sampe dibawain pulang sama mbok dhe-mbok dhe”.hahahhaha.

“Gimana aku bisa jajan kan ya?”🤭

But, my husband said : “ini enak kok dan miriplah sama yang dijual”
(Suami yang pernah makan)

Alhamdulilah,
Ayam bakar klaten ini berbeda dengan ayam bakar pada umumnya yang cenderung manis atau pedas. Ayam bakar ini bercitarasa gurih dan khas rempah-rempah. Karena sebelumnya di ungkep dengan santan dan bumbu-bumbu nusantara.

Jadi anak-anak pun aman dari rasa pedas. Hehehehe. Orangtuanya yang “doyan” pedas tinggal menambahkan sambalnya. Hmmh rasanya begitu nikmat dimakan bersama lalapan dan sambal.

Sumber resepnya dari majalah saji edisi 389-Ayam bakar nusantara.

#CookpadCommunity_Cilegon
#CookpadCommunity_Tangerang

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Ayam Bakar Klaten & Sambal:

  1. 1 ekor ayam, potong 8 bagian
  2. 3 lembar daun salam
  3. 4 lembar daun jeruk, buang tulangnya
  4. 1 batang serai, ambil putihnya, memarkan
  5. 2 sdt garam
  6. 1 sdt makan gula merah, sisir
  7. 1/4 sdt merica bubuk
  8. 1 sdm air asam jawa, dari 1 sdt asam jawa dilarutkan dengan 1 sdm air
  9. 500 ml santan, dari 1 butir kelapa
  10. 2 sdm minyak untuk menumis
  11. Bumbu Halus :
  12. 1/4 sdt jintan, sangrai
  13. 10 butir bawang merah
  14. 4 siung bawang putih
  15. 5 butir kemiri, sangrai
  16. 1 cm kencur
  17. 1 cm jahe
  18. 1 cm lengkuas
  19. Bahan Sambal:
  20. 5 buah cabai merah besar
  21. 5 buah cabai merah keriting
  22. 5 buah cabai rawit merah
  23. 1 buah tomat, belah 4, buang isinya
  24. 1 sdt terasi bakar
  25. 5 siung bawang merah
  26. 3 siung bawang putih
  27. 1 cm lengkuas, memarkan
  28. 2 lembar daun salam
  29. 2 batang serai, memarkan
  30. 1/2 sdm asam jawa, larutkan dengan 3 sdm air, ambil airnya
  31. 2 sdt gula merah
  32. 1 sdt garam
  33. 2 sdm minyak goreng

Cara untuk membuat Ayam Bakar Klaten & Sambal

  1. Ayam, panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, dan serai sampai harum. Tambahkan ayam. Aduk sampai berubah warna.Ayam Bakar Klaten & Sambal - resep kuliner nusantaraAyam Bakar Klaten & Sambal - resep kuliner nusantaraAyam Bakar Klaten & Sambal - resep kuliner nusantara
  2. Masukkan santan, garam, gula merah, merica bubuk dan air asam. Masak sampak meresap. Angkat.Ayam Bakar Klaten & Sambal - resep kuliner nusantaraAyam Bakar Klaten & Sambal - resep kuliner nusantaraAyam Bakar Klaten & Sambal - resep kuliner nusantara
  3. Bakar ayam sambil dibolak-balik dan diolesi bumbu sampai harum. Sisihkan.Ayam Bakar Klaten & Sambal - resep kuliner nusantara
  4. Sambal, tumbuk kasar cabai merah besar, cabai merah keriting, cabai rawit merah, tomat, bawang merah, bawang putih dan terasi. Panaskan minyak. Tumis sambal bersama lengkuas, daun salam dan serai hingga harum. Tambahkan air asam jawa, gula merah dan garam. Aduk rata.Ayam Bakar Klaten & Sambal - resep kuliner nusantaraAyam Bakar Klaten & Sambal - resep kuliner nusantaraAyam Bakar Klaten & Sambal - resep kuliner nusantara
  5. Sajikan ayam bersama sambalnya.Ayam Bakar Klaten & Sambal - resep kuliner nusantara

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat Ayam Bakar Klaten & Sambal yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!