Bahan Buat Martabak manis/terang bulan yang Enak

Resep Martabak manis/terang bulan, Bikin Ngiler memang saat ini sedang banyak dicari oleh sebagian orang disekitar kita mungkin salah satunya kalian.

Masyarakat memang telah terbiasa menggunakan internet di gadget untuk melihat informasi gambar untuk dijadikan contoh. Dipostingan Kali ini saya akan berbagi langkah-langkah cara menyiapkan Resep Martabak manis/terang bulan Anti Gagal.

Untuk membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal Martabak manis/terang bulan yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Martabak manis/terang bulan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan Martabak manis/terang bulan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Martabak manis/terang bulan - resep kuliner nusantara
Seterusnya merupakan gambar seputar Martabak manis/terang bulan yang dapat Anda jadikan ide.

Yuk bikin juga… Jangan takut gagal…saya bikin ini gak disangka2 ternyata berhasil sarangnya… Senang banget.. Dikarnakan saya pemula.. Hehe.. Oh iya ini beberapa trik yg sudah saya coba diresep terang bulan ini
1. Gunakan teflon yg anti panas dan lengket agar panasnya rata..
2. Pastikan teflon yg dipakai sudah panas, percikan air ke teflon jika ingin tahu sudah paans atau belum
3. Saat menuangkan adoanan jangan terlalu tebal
4. Jangan langsung menutup teflon karna akan membuat tekstur adonan bantet (ini tahap yg paling penting)
5. Masak martabak di api sedang
6. Kecilkan api saat gelenbung2 adonan naik tp belum pecah
7. Taburi gula untuk memecahkan gelembung
8. Tutup setelah gelembung pecah dan setengah matang
9. Api yg tidak rata akan mempengaruhi banyaknya sarang
10. Jika api tidak rata geser2 teflon agar sarang yg dihasilkan banyak
11. Tebal dan tipis nya teflon akan mempengaruhi sarang
12. Agar martabak bersarang, soda kue harus dimasukan ke adonan tepat sebelum adonan dimasak, jadi jika adonan blm mau dimasak jangan langsung masukan soda kue ya
13. TIPS LAGI : jangan taburi gula saat adonan masih basah banget, taburi adonan saat sudah setengah matang lebih, kalo udah ada adonan yg agak mateng baru taburi, kalo masih terlalu basah ditaburi gula nanti ga jadi sarangnya
Selamat cooksnap ^_^
#PejuangGoldenBatikApron
Sumber resep: @devinahermawan

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Martabak manis/terang bulan:

  1. Bahan 1:
  2. 225 gr tepung terigu protein sedang
  3. 20 gr tepung maizena / tang mien / tapioka
  4. 30 gram gula pasir
  5. 250 ml air
  6. 3/4 sdt baking powder
  7. 1 butir telur
  8. Bahan 2 :
  9. 50 ml air
  10. 3/4 sdt baking soda
  11. Secukupnya gula pasir
  12. Toping:
  13. Susu kental manis
  14. Seres
  15. Mentega/margarin

Langkah-langkah untuk menyiapkan Martabak manis/terang bulan

  1. Buat adonan martabak. Campurkan tepung terigu, tepung maizena, gula, dan air. Aduk menggunakan mixer hingga semua bahan menyatu.Martabak manis/terang bulan - resep kuliner nusantaraMartabak manis/terang bulan - resep kuliner nusantara
  2. Masukkan telur dan baking powder, lalu aduk rata.Martabak manis/terang bulan - resep kuliner nusantara
  3. Diamkan adonan minimal 1 jam sampai muncul gelembung kecil.Martabak manis/terang bulan - resep kuliner nusantara
  4. Campurkan baking soda dengan air, aduk rata. Lalu masukkan ke adonan tadi, adukMartabak manis/terang bulan - resep kuliner nusantara
  5. Tuang adonan ke teflon, ratakan adonan agar menempel di pinggiran teflon.Martabak manis/terang bulan - resep kuliner nusantara
  6. Tunggu hingga gelembung-gelembung naik, kecilkan api sedikit.Martabak manis/terang bulan - resep kuliner nusantara
  7. Taburkan gula pasir di atasnya untuk membantu gelembung-gelembung pecah.Martabak manis/terang bulan - resep kuliner nusantara
  8. Setelah bersarang, tutup adonan masak hingga matang dan bagian atasnya tidak lengket.Martabak manis/terang bulan - resep kuliner nusantara
  9. Setelah martabak matang, segera olesi dengan mentega di seluruh permukaannya.Martabak manis/terang bulan - resep kuliner nusantara
  10. Taburkan dengan seres dan susu kental manisMartabak manis/terang bulan - resep kuliner nusantara
  11. Belah hingga beberapa bagian,
    Martabak manis/terang bulan siap disajikan.. Hmm yummyMartabak manis/terang bulan - resep kuliner nusantara

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan Martabak manis/terang bulan yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Summary
recipe image
Recipe Name
Bahan Buat Martabak manis/terang bulan yang Enak
Author Name
Published On
Preparation Time
Cook Time
Total Time